Laporan : Trend 5 Penyakit Terbanyak Januari 2014 di Wilker Pustu Sungai Baung

Di awal tahun 2014 dengan intensitas curah hujan yang tinggi yang terjadi di beberapa tempat dan daerah, terbukti dengan banyaknya daerah yang terkena banjir, tentunya keadaan ini akan memicu berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan lingkungan yang kotor dan tidak sehat seperti penyakit kulit dan penyakit pada sistem pencernaan ( diare, dll ).

Laporan : Trend 5 Penyakit Terbanyak Januari 2014 di Wilker Pustu Sungai Baung
Diagram Penyakit Terbesar

Berbeda dengan yang terjadi di wilayah kerja Puskesmas Pembantu Sungai Baung, dimana saat ini curah hujan sedikit, sehingga tampak jalanan berdebu dimana-mana, mungkin keadaan ini yang menyebabkan banyak warga yang menderita gangguan pada saluran pernafasan, seperti demam, batuk dan pilek yang terjadi pada anak bahkan usia dewa*sa.

Penyakit saluran pernafasan ( ISPA ) menjadi trend penyakit yang menempati posisi pertama pada bulan januari 2014, yang diikuti dengan penyakit lainnya, untuk lebih jelasnya silahkan lihat 5 Penyakit terbesar bulan januari 2014 di Puskesmas Pembantu Sungai Baung, sebagai berikut.

ISPA ( Infeksi Saluran Pernafasan Akut )

Dari total kunjungan puskesmas untuk bulan Januari, 54% umumnya datang dengan keluhan demam, batuk dan pilek, dan paling banyak terjadi pada anak usia balita. Sedangkan pada orang tua biasanya tidak terlalu memperhatikan dan tidak semua berobat ke puskesmas bila terjadi keluhan demam dan pilek karena dianggap sebagai gangguan yang ringan dan bisa sembuh sendiri.

Penyakit Gatal Koreng

Penyakit ini identik dengan masalah lingkungan yang kurang bersih dan sehat, serta kebersihan individu yang juga kurang. Penyakit koreng gatal juga banyak terjadi pada usia anak dan balita. Kebiasaan anak-anak di desa yang sering bermain ditanah yang kotor, berendam di sungai akan berisiko terkena gatal dan korengan.25% kunjungan bulan januari datang dengan keluhan gatal dan korengan.

Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi )

Biasanya pasien datang dengan keluhan pusing, sakit kepala, serta adanya keluhan kaku kuduk, setelah di lakukan cek tekanan darah menderita penyakit darah tinggi, walaupun rata-rata masih sifatnya ringan hingga sedang. 15% kunjungan pasien menderita penyakit tekanan darah tinggi.

Asma

Salah satu faktor pemicu Asma biasanya dimulai dengan batuk, kemudian tidak dilakukan perawatan dengan baik sehingga memicu penyakit asmanya kambuh kembali. 6% persen dari kunjungan puskesmas di diagnosa menderita keluhan asma yang kambuh.

Nyeri Tulang dan Sendi

Hampir semua pasien yang datang dengan keluhan nyeri tulang dan sendi berusia 40 – 65 tahun, biasanya nyeri yang timbul sudah sering dialami sebelumnya dan merupakan kunjungan ulang untuk mendapatkan obat-obatan pengurang rasa nyeri ( analgetika ).

Demikianlah 5 penyakit terbesar di Pustu Sungai Baung untuk bulan Januari 2014, yang diambil dan di rangking berdasarkan buku register kunjungan pasien. Bagaimana tren penyakit terbesar di wilayah kerja Anda ?
This entry was posted in .

0 comments:

Post a Comment