Status Gizi Berpengaruh Terhadap IQ Anak

Status Gizi Berpengaruh Terhadap IQ Anak

Status Gizi Anak

Asupan gizi yang baik pada anak berpengaruh kuat terhadap kecerdasan anak, benarkan demikian ? secara empiris banyak orang tua telah membuktikan bahwa dengan memberikan asupan gizi yang baik mulai dari kandungan sampai usia anak-anak, kecerdasan anak akan lebih baik dibandingkan jika anak tidak mendapatkan asupan gizi yang adekuat. Seperti di kutip di sehatnegeriku.com, bahwa kekurangan iodium yang dialami oleh anak menyebabkan penurunan kecerdasan 10-15 IQ poin

Sebanyak 44,7% kematian bayi disebabkan karena berat bayi lahir rendah (BBLR), kegagalan pemberian ASI, anak Balita stunting (pendek), kurus, dan kekurangan vitamin A dan mineral Zink.
Demikian penjelasan ini disampaikan  Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, dr. Anung Sugihantono, M.Kes dihadapan  pers pada acaraMedia Gathering SOHO Better U memperingati Hari Gizi Nasional  2014 di Jakarta (22/1).

Secara makro kekurangan gizi di indonesia dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yakni kekurangan vitamin dan dan gangguan akibat kurang iodium, yang kedua stunting atau kurang gizi pada balita, dan yang terakhir kelebihan gizi.

Seperti dilansir di situs sehat negeriku bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam Untuk menanggulangi stunting dengan melakukan serangkaian kegiatan yang dimulai dari usia remaja dan fokus pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, yaitu sejak janin dalam kandungan sampai dengan anak berusia 24 bulan”,  ujar dr. Anung.

Sedangkan masalah kelebihan gizi ini juga memicu timbulnya masalah baru dimana pada anak usia muda yang mengalami kelebihan berat badan akan rentan terjangkit penyakit yang tidak menular seperti banyak yang terjadi saat ini, salah satu cara untuk mencegah obesitas pada anak yakni dengan memantau pertambahan berat badan dan tinggi badan anak secara reguler, cek indeks massa tubuh anak, dan olahraga atau aktivitas fisik yang ringan 3 sampai 5 kali dalam seminggu, serta memantau pengontrolan makanan pada anak.

Akhirnya kita sebagai orang tua menpunyai tugas dan tanggun jawab penuh memantau dan memberikan asupan gizi seimbang dan tidak berlebihan kepada anak-anak kita, dengan demikian diharapkan akan membuat anak selalu sehat dan tentu saja juga kecerdasannya akan baik dan meningkat.( sumber : sehatnegeriku.com)
This entry was posted in .

0 comments:

Post a Comment