Keluarga Takut Dengan Efek Samping Imunisasi ? Baca Tips Ini

Keluarga Takut Dengan Efek Samping Imunisasi ? - Jika Anda seorang petugas kesehatan baik itu di puskesmas, rumah sakit dan di fasilitas kesehatan lainnya, tentu Anda telah menemukan berbagai alasan keluarga ketika di tanya mengapa anaknya tidak diberikan imunisasi dasar, benar bukan ? salah satu alasan yang paling sering dilontarkan karen takut dengan efek samping imunisasi seperti demam setelah anak di imunisasi dan lain sebagainya.

Keluarga Takut Dengan Efek Samping Imunisasi ? Baca Tips Ini

Sebagai petugas kesehatan kita punya kewajiban memberikan informasi yang benar dan meluruskan pemahaman keluarga dan orang tua bayi tersebut agar mereka mau membawa anaknya ke posyandu dan tempat layanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan imunisasi dasar, lalu bagaiman cara kita meyakinkan keluarga bayi tersebut ?

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba , untuk meyakinkan dan meluruskan pemahaman masyarakat bahwa imunisasi penting untuk bayi dan balita.

  • Anda perlu mendatangi keluarga atau mengumpulkan keluarga yang masih takut anaknya sakit/panas akibat efek samping imunisasi.
  • Jelaskan tentang proses imunisasi dalam tubuh bayi atau balita kepada mereka.
  • Berikan contoh atau gambaran tentang bayi/anak yang telah di imunisasi lebih sehat dan gambaran bayi/anak yang tidak di imunisasi yang sering sakit.
  • Berikan kesempatan kepada sasaran untuk bertanya tentang hal-hal yang belum di mengerti.
  • Sampaikan bahwa mewujudkan keluarga yang sehat sebagai suatu hal kebajikan untuk mencapai keluarga sejahtera.
  • Ingatkan tentang pelayanan kesehatan yang bisa di datangi untuk memperoleh imunisasi, seperti posyandu, Puskesmas, RS terdekat, dan lain-lain.
This entry was posted in .

0 comments:

Post a Comment