Khasiat Istimewa Temu Lawak

Khasiat Istimewa Temu Lawak ( Curcuma xanthorrhiza )
Khasiat Istimewa Temu Lawak  - Tanaman berbentuk terna batang semu dan tingginya dapat mencapai 2 meter. Daunnya lebar dan pada setiap helaian dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak panjang. Temulawak mempunyai bunga yang berbentuk unik ( bergerombol ) dan berwarna kuning tua. Rimpang temulawak sejak lama telah dikenal sebagai bahan ramuan obat. Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan. Daerah tumbuhnya selain di dataran rendah juga dapat tumbuh baik sampai pada ketinggian tanah 1500 meter diatas permukaan. Bagian yang digunakan adalah rimpang.


Kandungan Kimia : CURCUMIN dan ATSIRI

Khasiat : dapat digunakan untuk mengobati sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, menambah selera makan, sembelit.

Khasiat Istimewa Temulawak dan Cara Pembuatan Ramuan :


Sakit Kepala dan Masuk Angin
Beberapa rimpang temulawak diiris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus sampai menjadi tepung. Kurang lebih 2 gemnggam tepung temulawak direbus dengan 4-5 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 3 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

Maag
1 Rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan  diangin-anginkan sebentar, kemudian direbus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 gelas.

Sakit Perut dan Sakit Perut saat haid
1 rimpang temulawak diparut, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa dan garam secukupnya di rebus dengan 3-4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore hari.

Memperbanyak Produksi ASI
1 1/2 rimpang temulawak di parut, kemudian  dicampur dengan tepung sagu secukupnya dan ditambah air panas secukupnya sehingga menjadi bubur. Lalu dimakan biasa.


Memacu ASI yang Macet
1 1/2 rimpang temulawak di parut, bersama dengan satu potong gula aren dan 2-3 sendok makan adonan sagu di rebus dengan satu liter air hingga mendidih, lalu disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir secara teratur.

Menambah Selera Makan
2 rimpang temu lawak, 1/4 lengkuas dan 1/2 genggam daun meniran direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.

Sakit Cangkrang
2 rimpang temulawak diiris tipis-tipis, kemudian bersama 1 tangkai buah asam yang sudah masak, 1 ppotong gula kelapa, dan garam secukupnya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring. Diminum sekali sehari 1 gelas.

Sakit Cacar Air
1 1/2 rimpang diiris tipis-tipis dan dikeringkan, kemudian ditambah 1 tangkai buah asam yang sudah masak direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.

Sariawan
1 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 3 buah mata asam, dan 1 potong gula aren direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum biasa.

Menghilangkan Jerawat
1 rimpang temulawak sebesar ibu jari dan 1/2 rimpang kencur diparut, kemudian ditambahkan 1/4 sendok makan biji jintan. 1 tangkai buah asam yang sudah masak dan 1 potong gula aren direbus bersama dengan 8 gelas air sampai mendidih dan disaring. Diminum malam hari secara teratur.

Menghilangkan Bau Badan
1 rimpang temu lawak ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 liter air dan disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir.

0 comments:

Post a Comment