Menkes Beri Rewards 135 Nakes Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional

Puskesmas adalah fasilitas sarana pelayanan kesehatan terdepan dan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di seluruh Tanah Air, utamanya dalam era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Saat ini, terdapat sebanyak 9599 Puskesmas tersebar di seluruh Nusantara yang dilengkapi dengan sarana prasarana layanan kesehatan yang diperlukan, serta tenaga kesehatan yang melayani dengan tulus dan ikhlas.

Demikian pernyataan Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, pada Pemberian Penghargaan 135 orang Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional yang berasal dari 34 Provinsi, di Kantor Kemenkes RI di Jakarta (14/8). Pada kesempatan tersebut, seluruh Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional masing-masing mendapatkan plakat, piagam penghargaan, lencana, 1 unit laptop, serta tabungan senilai Rp 15.000.000,- dari Bank BNI.

Tenaga KesehatanTeladan di Puskesmas Tingkat Nasional terdiri dari 3 kategori, yaitu: 1) Tenaga Medis, yaitu Dokter atau Dokter Gigi; 2) Tenaga Keperawatan, yaitu Perawat dan Bidan; 3) Tenaga Kesehatan Masyarakat, yaitu Sanitarian, Epidemiologi Kesehatan, Entomolog Kesehatan, Penyuluh Kesehatan, Asisten Apoteker, atau Analis Laboratorium; serta 4) Tenaga Gizi, yaitu Nutrisionis atau Dietetik.

Keberhasilan pelayanan kesehatan melalui Puskesmas memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan kesehatan. Fungsi Puskesmas yang semula lebih berorientasi kepada upaya kuratif dan rehabilitatif, bergeser kepada upaya preventif dan promotif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif. Fungsi Puskesmas juga semakin kompleks karena menjadi pusat pemberdayaan masyarakat dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama yaitu meliputi pelayanan kesehatan perorangan dengan tujuan utama memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta mencegah penyakit tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif.

“Pemilihan tenaga kesehatan teladan di Puskesmas diharapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan minat tenaga kesehatan bekerja di Puskesmas agar tetap memiliki semangat juang yang tinggi, serta diharapkan untuk tetap konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan semakin profesional”, ujar Menkes.

Rangkaian kegiatan dimulai sejak kedatangan para Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional di Jakarta pada 14 Agustus 2014. Kemudian, para peserta akan memperoleh pemaparan berbagai program kesehatan untuk dikembangkan di daerahnya masing-masing pada 15 Agustus 2014. Selanjutnya pada tanggal 16 Agsutus 2014, para peserta akan mendengarkan Pidato Kenegaraan di Gedung DPR dan malam harinya mengikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Puncaknya, peserta akan mengikuti Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI di Istana Negara pada 17 Agustus 2014.

Sumber : website www.depkes.go.id dan email kontak@depkes.go.id.

0 comments:

Post a Comment