Cara Mencegah dan Menangani Anak yang Terserang Demam Berdarah

Cara Mencegah dan Menangani Anak yang Terserang Demam Berdarah - Demam berdarah merupakan penyakit yang ditandai dengan demam tinggi disertai dengan perdarahan dalam fase akut. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan biasa terjadi di daerah tropis yang lembap.

Demam berdarah merupakan penyakit yang ditandai dengan demam tinggi disertai dengan perdarahan dalam fase akut


Gejala dan Cara Mengetahui Serangan Demam Berdarah
  • Demam tinggi disertai munculnya ruam atau bintik merah di kulit
  • Uji serologi untuk mengetahui keberadaan antibodi terhadap virus dengue.
  • Tes darah di laboratorium untuk menghitung jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.
  • Iji inhibisi hemaglutinasi, uji ELSA, dan reaksi berantai polimerase reverse transcriptase di laboratorium. Masing-masing untuk mengetahui keberadaan antigen, antibodi, atau asam nukleat spesifik terhadap virus dengue.
Tips Pencegahan dan Penanganan Demam Berdarah
  • Pencegahan bisa dilakukan dengan memelihara kebersihan diri dan lingkungan. Membersihkan rumah setiap hari, meniadakan baju dan benda tergantung lain, membersihkan halaman, membersihkan bak mandi secara berkala, membuang air tergenang, yang kesemuanya dimaksudkan untuk meniadakan keberadaan dan perkembangan nyamuk aedes aegypti.
  • Pengobatan dilakukan dengan berkonsultasi ke dokter. Pada tahap awal yang perlu dilakukan adalah menjaga agar anak tetap terpenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi agar mudah mengembalikan kesegaran dan kekebalan tubuh mereka. Pengobatan lanjutan pada kasus demam berdarah yang lebih parah perlu mendapatkan resep dari dokter untuk kesesuaian dosisnya.
  • Pada tahap demam berdarah yang lebih parah biasanya pasien disarankan untuk rawat inap di rumah sakit.

0 comments:

Post a Comment